SOALKU.NET
Kumpulan Latihan Soal Ujian

Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, dan Parasitisme

Interaksi antar makhluk hidup menjadikan keterkaitan antar makhluk hidup dapat terjadi. Hubungan dua makhluk hidup ini disebut dengan simbiosis. Dalam simbiosis seringkali terjadi beberapa kondisi seperti saling menguntungkan (simbiosis mutualisme), merugikan (simbiosis parasitisme), atau tidak menguntungkan dan tidak merugikan (simbiosis komensalisme).

Pengertian Simbiosis

Pengertian simbiosis secara umum adalah hubungan antara dua makhluk hidup.

Meskipun demikian, hubungan antara dua makhluk hidup tersebut terjadi dalam beberapa kondisi. Sehingga berdasarkan kondisi tersebut simbiosis dikelompokkan menjadi 3, diantaranya:

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dimana kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

Contoh:

1. Bunga dan Lebah

sumber: https://www.coolkidfacts.com/pollination-for-kids/

Hubungan antara bunga dan lebah saling menguntungkan karena bunga dibantu lebah dalam proses penyerbukan. Sedangkan lebah memperoleh sumber makanan dari nektar bunga.

2. Burung Jalak dan Kerbau

sumber: https://id.pinterest.com/pin/206391595395905141/

Hubungan jalak dengan kerbau saling menguntungkan karena burung jalak memperoleh makanan dari kutu yang ada di badan kerbau. Sedangkan kerbau diuntungkan dengan hilangnya gatal yang disebabkan oleh kutu.

2. Simbiosis Parasitisme

simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dimana satu pihak diuntungkan sedangkan pihak yang lain dirugikan.

Contoh:

1. Tali Putri dan Tumbuhan Inang

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Cuscuta_europaea_bgiu.jpg

Tali putri hidup dengan menyerap sari-sari makanan dari tumbuhan inang (seperti tanaman pagar), sehingga tumbuhan inang pertumbuhannya terganggu bahkan dapat mati.

2. Cacing Pita dan Manusia

sumber: https://www.smithsonianmag.com/smart-news/tumors-tapeworm-grew-inside-human-180957181/

Cacing pita hidup dalam usus manusia. Cacing pita mengambil makanan dari hasil pencernaan manusia, sehingga kebutuhan nutrisi pada tubuh manusia menjadi berkurang. Dampaknya dapat mengganggu dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia.

3. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup dimana satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak yang lain tidak rugi dan tidak untung.

Contoh:

1. Hiu dan Ikan Remora

sumber: http://www.ebiologi.net/2015/12/contoh-simbiosis-komensalisme.html

Ikan remora hidup dengan mengikuti ikan hiu. Ikan remora diuntungkan dengan tidak adanya pemangsa yang berani memakan ikan remora karena berada dekat dengan ikan hiu. Sedangkan ikan hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan dengan adanya ikan remora.

2. Anggrek dan Tumbuhan Inang

sumber: https://hiveminer.com/Tags/brazil%2Cdendrobium

Anggrek diuntungkan dengan memperoleh tempat hidup untuk menempel dan memperoleh sinar matahari yang cukup. Sedangkan tumbuhan inang (seperti pohon mangga) tidak diuntungkan maupun dirugikan dengan adanya anggrek yang menempel.

2 Comments
  1. mulhatm says

    Izinkan donk .biar materi pelajarannya bisa di unduh.. terima kasih

    1. Adzikia says

      terimakasih atas masukkannya, akan kami buat format yang sesuai

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.