Download Kisi-Kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Mempersiapkan siswa kelas VI menghadapi ujian salah satunya dengan menggunakan kisi-kisi terbaru. Pada bulan November 2018 ini Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menerbitkan kisi-kisi USBN SD untuk tahun pelajaran 2018/2019.

Kisi-kisi USBN SD disusun berdasarkan tiga kriteria pencapaian yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), dan kurikulum yang berlaku. Kurikulum yang berlaku pada jenjang SD saat ini yaitu kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013.

Sehingga Anda akan menjumpai keterangan irisan pada kisi-kisi tersebut bagian keterangan kurikulum. Hal ini menunjukkan bahwa kisi-kisi yang disusun telah menyesuaikan dengan kedua kurikulum. Artinya tiap poin materi yang dibuat tersebut selain terdapat dalam kurikulum 2013 juga terdapat dalam kurikulum 2006 (KTSP)

Download Kisi-Kisi USBN SD

Berikut ini kisi-kisi USBN yang terdiri dari 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA:

1. Kisi-Kisi Bahasa Indonesia (unduh)

Terdiri dari 32 materi yang terbagi dalam 3 level kognitif yaitu

  • Pengetahuan dan pemahaman terdiri dari 10 materi
  • Aplikasi terdiri dari 12 materi
  • Penalaran terdiri dari 10 materi

Keterangan: upload tanggal 26 November 2018

2. Kisi-Kisi Matematika (unduh)

Terdiri dari 39 materi yang terbagi dalam 3 level kognitif yaitu

  • Pengetahuan dan pemahaman terdiri dari 16 materi
  • Aplikasi terdiri dari 16 materi
  • Penalaran terdiri dari 13 materi

Keterangan: upload tanggal 26 November 2018

3. Kisi-Kisi IPA (unduh)

Terdiri dari 60 indikator yang terbagi dalam 3 level kognitif yaitu

  • Pengetahuan dan pemahaman terdiri dari 23 materi
  • Aplikasi terdiri dari 24 materi
  • Penalaran terdiri dari 13 materi

Keterangan: upload tanggal 26 November 2018

4. Latihan Soal (buka)

Latihan soal disusun berdasarkan materi pada kisi-kisi yang Anda unduh pada halaman ini. Latihan soal ini akan diperbarui setiap saat, sehingga akan memperkaya jumlah soal yang Anda miliki

Jumlah materi dalam kisi-kisi bukan merupakan pencerminan dari jumlah soal dalam USBN. Bisa saja satu materi disusun menjadi dua soal. Sehingga 32 materi dalam kisi-kisi Bahasa Indonesia belum tentu soal USBN-nya hanya terdiri dari 32 soal. Sebaliknya, 60 materi dalam kisi-kisi IPA bukan berarti menjadi 60 butir soal dalam USBN. Mungkin akan diacak dan diambil sebagian dari materi tersebut.

Cara Pengunduhan

Untuk mengunduh kisi-kisi USBN SD tersebut, Anda dapat klik pada kata “unduh” setelah mata pelajaran. Selanjutnya akan terbuka jendela baru yang akan menampilkan kisi-kisi sesuai mata pelajaran yang Anda pilih.

Silahkan menuju pojok kanan atas dan pilih tanda anak panah kebawah untuk mengunduh dan menyimpan file tersebut pada perangkat Anda. Selain mengunduh Anda juga bisa langsung mencetak dengan cara memilih gambar printer disamping menu unduh. Juga terdapat menu simpan pada google drive jika Anda memiliki akun google drive.

Kelas 6USBN
Comments (0)
Add Comment